Life has just Begun

Minggu, 17 Maret 2013

Arti Tabby dan Macam-macam Tabby

Banyak orang menyebut kucing berpola belang atau loreng dengan sebutan tabby. Jujur saja, sebagai pemula dalam perkucingan bingung sebenarnya tabby itu seperti apa. Kenapa semua kucing loreng/belang disebut tabby? Salah satu permasalahannya yaitu keterbatasan dalam bahasa. Orang yang sudah mengerti kucing mungkin sudah tahu nama-nama pola warna pada kucing seperti blotched-tabby, sedangkan orang awam hanya menyebutkan belang atau loreng, padahal banyak macam loreng atau belang. Untuk meluruskannya, setelah searching diberbagai artikel, kata tabby banyak digunakan oleh orang barat untuk menyebutkan kucing domestik. Ternyata menurut translate.google.com memang tabby berarti kucing, tapi bisa juga belang. Jadi tabby sebenarnya adalah pola warna pada kucing, bukan breed atau jenis kucing.

Menurut http://cats.about.com/od/felinegenetics/a/colorpatterns.htm, pola warna kucing ditentukan oleh faktor genetik dari orang tua sang kucing. Kucing memiliki 3 dasar warna, yaitu red (umumnya kita menyebut oranye), hitam dan putih. Dari ketiga warna itu dapat membentuk berbagai percampuran warna dan pola warna yang bermacam-macam. Pola warna kucing umumnya dibagi menjadi 3 macam:
1. Solids
Solid cat adalah kucing dengan warna dasar, bisa satu warna atau dua warna (bi-colours).
2. Tri-colours
Kucing ini terdiri dari tiga macam warna dasar biasa disebut calico dan tortoiseshell AKA tortie.
3. Tabbies/Tabby
Kucing ini memiliki pola dasar seperti stripes/garis, whorls/melingkar, dan spots/bintik.

Kali ini saya hanya ingin menyampaikan hasil penelusuran saya tentang pola tabbies. Setiap kucing tabby memiliki garis pada wajahnya, tanda ekspresif pada sekitar matanya, dan ada pola huruf “M” pada dahinya. Beberapa orang percaya “M” berarti Mau yang artinya kucing dalam bahasa Mesir Kuno. Ada pula yang berpendapat “M” untuk Nabi Muhammad SAW yang mencintai kucing. Yang lain percaya itu adalah berkah dari Perawan Maria.


Setiap tabby cat memiliki pola yang unik. Umumnya tabbies dibagi menjadi 5 (http://www.catster.com/cats-101/tabby-cat).

1. Classic tabby
Pola ini disebut juga blotched tabby. Pola dengan garis melingkar.


2. Macherel tabby
Pola ini terbentuk dari garis-garis rapat/strip. Sebagian orang menyebutnya tiger cat.


3. Spotted tabby
Pola ini terdiri dari spots atau bintik-bintik,bisa berbintik besar atau kecil.


4. Ticked tabby
Pola ini tidak memiliki garis maupun bintik. Pada setiap rambutnya memiliki warna yang berbeda membentuk titik-titik halus atau seperti breaking up the tabby patterning into a salt-and-pepper appearance. Pada wajahnya ada pola belang seperti tabby lainnya.


5. Patched tabby
Pola ini untuk menyebutkan kucing dengan warna tortie yang memiliki belang, biasa disebut torbie. Pola belang biasa muncul pada kaki dan kepalanya.


Sumber http://www.messybeast.com/spotted-cats.html menyebutnya pola lainnya seperti pada gambar.



Semoga bermanfaat...Salam meioww...^_^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar