Life has just Begun

Sabtu, 23 April 2011

Apa itu Air Kapur Sirih

Apa itu air kapur sirih? Seperti apa, bagaimana, dan untuk apa? Mari kita bahas.
Seperti biasa lagi iseng-iseng cari resep masakan di internet. Eh pas searching-searching masakan jajanan n kue ketemu sama yang namanya air kapur sirih. Dari dulu sih sering denger kata-kata air kapur sirih, tapi gag pernah peduli, karena gag pernah pake. Terus berhubung sekarang lagi seneng masak-masak, kayaknya perlu deh untuk tahu apa itu air kapur sirih.


Yang pertama keluar di otak, air kapur sirih itu mungkin air dari campuran kapur dan sirih, dan itu sering dipake nenek-nenek nginang. Dipikir-pikir kok ribet banget sih bikin air kapur sirih ini. Kapurnya kapur apa???kapur bangunan??aneh kan... Seingetku dulu, mama pernah pake kapur sirih untuk bersihin jeroan sapi kayak babat. Kalo dilihat warna putih kayak kapur, tapi gag tau deh, aq gag tanya menanya tentang itu.

Setelah aq cari-cari diinternet, ternyata air kapur sirih itu air yang dilarutkan dalam kapur sirih. Kapur sirih itu sudah dalam 1 produk, yaitu kapur sirih bukan kapur yang dicampur dengan sirih. kapur ini dapat dibeli di pasar yang jual bumbu dapur atau warung penjual bunga rampai. Cara bikinnya yaitu dengan mencampurkan air dengan kapur sirih itu hingga larut. takarannya dikira-kira ajah. Terus diamkan sampai mengendap dan air dilapisan atas menjadi lebih bening. Kalau didiamkan semalaman bisa jadi lebih baik, dan gunakan air yang beningnya saja, jika terlalu keruh, adonan bisa pahit.
gambar dari googling.bagian yang jernih yang dipakai
Air kapur sirih banyak manfaat dan kegunaannya. Berdasarkan pengalaman di rumah, kapur sirih digunakan untuk membersihkan babat sapi dan jeroan sapi lainnya. Untuk gorengan, gorengan bisa lebih renyah dan warna gorengan tidak pucat dan agak kecoklatan. Untuk adonan kue, dapat mengesatkan adonan agar tidak lengket ditangan dan cepat kalis dan kenyal. Air ini juga digunakan untuk campuran menggosok gigi. Katanya juga bisa menghilangkan bau badan dengan mengoleskan air kapur sirih itu keketiak.

Yap sejauh itu informasi yang aq peroleh tentang air kapur sirih di internet. Ternyata itu toh...Ok deh semoga informasi ini bermanfaat. Thx....
Regard.,

16 komentar:

  1. Btw, bahaya gak yah klw air kapur sirih tu dicampur ke adonan makanan/keripik? ada efek sampingnya gak? ngeri jg kan klw ternyata bahaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngga bahaya asal masih dalam batas normal, sekedar info, saya mengobati sakit bubul dgn kapur ini, jd mnrt saya juga bisa dijadikan sebagai obat. Soal info di internet yg bilang bisa bikin kanker lidah kok saya kurang setuju karena orang tua di daerah saya ada yg setiap hari nginang, dan umurnya sampe 100th lebih meninggalnya pun bukan krn kanker lidah

      Hapus
  2. cara membuat kapur sirihnya bermanfaat,....

    BalasHapus
  3. terimakasih semuanya...
    kurang tahu harga dipasarnya berapa.,

    BalasHapus
  4. thanks ya..udh share, gara2 pengen bikin mustofa (kentang goreng pedas) yng bahan-bhn ny nyebutin air kpur sirih jd aku nyari apa sh air kapus sirih .., untung ada yg posting..,thanks ya.

    BalasHapus
  5. berarti air kapur sirih berguna untuk mengeraskan makanan?

    BalasHapus
  6. Kalau maksimal penyimpanan cairan kapur sirih berapa lama?

    BalasHapus
  7. Mohon ijin admin , numpang iklan promosi yaa....
    Kami menjual Batu kapur/ Kapur Aktif / Cao / CaOH2 / Kalsium Oxide / kalsium hidroxie /Limestone/ Quick Lime / Batu gamping / Kapur bakar / Kapur tohor/ Kapur sirih/Cao/ Kalsium Hidroksida/ Kalsium Karbonat / CaCo3 / Kapur pertanian / Kaptan / Kapur padam /Zeolite / Bentonite / Dolomite dll.
    Tersedia mesh 80 s/d Mesh 800 dengan kemasan / packing karung / 25 kg , 50 kg , 500 kg , 1000 kg .

    Untuk informasi lebih lanjut Silahkan hubungi :
    Asep 081281774186
    085793333234

    Simpan nomor dan hubungi jika sewaktu-waktu membutuhkan.
    Siap kirim ke seluruh kota di indonesia.
    Terimakasih

    BalasHapus